KASIH DAN KESEMPATAN YANG BARU

SHARING SUPPLEMENT
JANUARI #1 2014

TAHUN BARU:
KASIH DAN KESEMPATAN YANG BARU

“Dalam tahun keenam ratus satu, dalam bulan pertama, 
pada tanggal satu bulan itu, sudahlah kering air itu dari atas bumi; 
kemudian Nuh membuka tutup bahtera itu dan melihat-lihat; ternyatalah muka bumi sudah mulai kering.” ~ Kejadian 8:13

Tahun Baru adalah momen istimewa yang pastinya dinantikan oleh sebagian besar orang. Disanalah saat dimana setiap orang menguburkan kegagalan, kegetiran, serta kekecewaan yang telah dialami sepanjang tahun yang telah berlalu, untuk kemudian menukarnya dengan harapan, komitmen, semangat serta impian yang baru.

Satu hal yang unik kita dapati dalam Alkitab adalah momen dimana Nuh membuka tutup bahtera yang mengangkut keluarga serta berbagai jenis hewan baik yang haram maupun yang tidak haram terjadi dalam bulan pertama, pada tanggal satu bulan itu. It’s New Year!

Ada 2 (dua) hal yang dapat kita pelajari dari peristiwa ini :

1. Tahun Baru ada Kasih TUHAN yang Baru.

“Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: “Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan. Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai, dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam.” (Kejadian 8:21-22)

Firman yang disampaikan TUHAN ini sangat kontras sekali dengan situasi sebelum air bah turun. Kejadian 6:5-7 mencatat hal itu : “Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. Berfirmanlah TUHAN: “Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka.”

Hari itu, di tahun yang baru, TUHAN menyatakan kasih-Nya yang baru kepada makhluk ciptaan-Nya. Di tahun yang baru ini, ada kasih TUHAN yang baru DIA sediakan untuk kita. Mari kita meresponi kasih TUHAN yang besar itu dengan cara :

a. Tetap memiliki komitmen untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya.
b. Mencintai TUHAN YESUS lebih lagi.
c. Memiliki kehidupan yang intim/ akrab dengan TUHAN YESUS.
d. Menjadikan doa, pujian dan penyembahan sebagai gaya hidup.

Thankful Moment:
Ajak anggota COOL anda untuk mengucapsyukur atas kasih TUHAN yang baru serta berkomitmen untuk lebih sungguh-sungguh lagi dengan TUHAN YESUS.

2. Tahun Baru adalah Kesempatan yang Baru.

“Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi. Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan.” (Kejadian 9:1-2).

Permulaan yang baru berarti kesempatan yang baru. Seperti halnya Nuh mendapat kesempatan yang baru, demikian TUHAN YESUS memberikan kepada kita kesempatan yang baru.

Mungkin di tahun 2013 yang telah kita lalui, kita banyak gagal, melakukan pelanggaran atau tindakan yang tidak berkenan di hati TUHAN. Kuncinya adalah minta ampun dengan sungguh-sungguh kepada TUHAN YESUS, tinggalkan dosa, tolak segala intimidasi, dan minta pengurapan TUHAN untuk melangkah pada permulaan / kesempatan yang baru.

Reflection moment:
Ajaklah anggota COOL untuk merenungkan sejenak kehidupan di tahun 2013 yang lalu, koreksi diri, sama-sama minta ampun dan minta pengurapan TUHAN yang baru di TAHUN yang baru. (DL/2014)

Trima kasih TUHAN untuk kasih setia-Mu
Yang kualami dalam hidupku
Trima kasih YESUS untuk kebaikan-Mu
Sepanjang hidupku

Trima kasih YESUS-ku buat anugrah yang Kau bri
S’bab hari ini TUHAN adakan
Syukur bagi-Mu

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s